Catatan Diskusi Santuy Data Covid 19 – 24 Maret 2020

Peranan Pendekatan Komputasi dalam Proses Penelitian Obat dan Vaksin
by Viol Dhea Kharisma

Pemaparan dimulai dengan penjelasan apa Itu SARS-CoV-2/COVID-19 ? Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana coronavirus bisa berada di tubuh manusia. Perbandingan covid-19 dengan virus influenza menjadi pembahasan selanjutnya dan ditambahkan dengan struktur virus seperti apa, contoh simulasi komputasi sebagai dasar bagaimana caranya agar kita dapat menentukan strategi yang tepat untuk mendesain obat maupun vaksin dari Covid 19 melalui komputasi

Pemaparan berlanjut dengan pembahasan mengenai bagaimana cara Covid 19 memperbanyak dirinya kemudian hambatan yang ditemui ketika melakukan penelitian. Berikutnya dijelaskan mengenai pengenalan bioinformatika yaitu cabang ilmu biologi yang melakukan kegiatan menganalisis, menyimpan dan menginterpretasikan fenomena biologis dengan bantuan perangkat lunak komputer untuk mendapatkan solusi terbaru berupa prediksi/teori terkait mekanisme, aksi dan potensi.  

Covid 19 Data Science
by Ardiansyah

Penjelasan mengenai Covid 19 Data Science diawali dengan gambaran dari situasi terkini dari pandemi covid 19 dengan menampilkan statistik dari seluruh dunia.

Jenis dan tipe data Covid 19 menjadi penjelasan selanjutnya yang terdiri dari epidemiological data, virological data, medical/health informatics data, social network data, published papers data.

Diskusi berlanjut dengan pembahasan mengenai bagaimana cara mengitung seberapa jauh dan seberapa cepat pandemi covid 19 menyebar juga prediksi daerah mana saja yang harus dimonitor secara hati-hati Dilanjutkan diskusi mengenai data science covid 19 khususnya secara spesifik di Indonesia. Diawali dengan daftar beberapa rujukan portal mengenai covid 19 khususnya di Indonesia, perbandingan jumlah kasus covid di Indonesia dan di negara lain, dibentuknya Data Science for Covid-19 Indonesia (DSCI) Initiative.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *