Data Bocor Lagi! ID Institute: Bentuk Crisis Center dan Badan Independen Keamanan Siber Indonesia

Muhammad Salahuddien Manggalany, Ketua Dewan Pengawas Internet Development Institute, menganalisis data bocor yang diduga dari BPJS. “Dari hasil analisis, hasil social engineering, ternyata sebagian besar field (kolom) id userinput memiliki jabatan sebagai kepala cabang BPJS yang berbeda tiap provinsi. Jadi, makin banyak bukti dan dugaan kuat bahwa ini memang data BPJS Kesehatan.”

Dengan lebih detil, Salahuddien menemukan bahwa terdapat pula cukup banyak data dari institusi yang sama, seperti citi.com dan sinarmasland.com.

Menanggapi dua temuan tersebut, Salahuddien meminta pemerintah segera membentuk crisis center yang tak hanya mengkoordinir berbagai lembaga pemerintah dalam menelaah kasus tersebut, tapi juga menerima aduan, serta memberikan panduan keamanan siber bagi masyarakat yang datanya terbuka luas pada publik.

Alfons Tanujaya, pendiri vaksin.com sekaligus anggota Dewan Pengawas Internet Development Institute, berharap agar pemerintah Indonesia bersama multistakeholders keamanan siber di Indonesia segera membentuk badan independen pengawas keamanan siber Indonesia, “…yang kompeten, tidak terikat birokrasi semata, dan memiliki wewenang cukup mengawasi kedaulatan siber di Indonesia.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *