Catatan Diskusi Santuy Kupas Tuntas AI – 17 Januari 2020

Mari cerita tentang AI malam ini
by Nazim Cica

AI, atau Aritificial Intelligence, adalah sebuah sistem yang bisa membuat keputusan berdasarkan data.
Kunci utama AI adalah Big Data, Computing Power, dan Data Science.

Terdapat berbagai jenis industri AI di Indonesia, ada yang fokus ke NLP (pemroses speech/text), Image analysis, Data (non-image) analysis, dan Machine Learning Platform.

Tantangan bisnis AI pun bermacam-macam..dari kurangnya tata kelola data, kultur organisasi dan pemimpin yang kurang mendukung AI, hingga langkanya bakat dan kesempatan di bidang AI.

Untuk memulai berkarya di bidang AI, siapapun bisa! caranya:

ambillah kursus data science
buat portofoliomu (dengan mengikuti lomba dan/atau terlibat dalam berbagai projek)
mencari kesempatan bekerja dalam bidang AI (untuk membangun profil secara profesional)
berinovasilah dan ubah dunia 🙂


Artificial Intelligence for dummies
by Marcella Astrid

AI sudah ada sejak lama, tapi baru booming sekarang karena kemajuan teknologi. AI butuh banyak data dan kekuatan komputasi yang powerful.

Artificial Intelligence, atau kecerdasan buatan, sama dengan kemampuan dalam berpikir. Benda input pada AI memliki kemiripan fungsi dengan input pada manusia. contoh:

otak= AI
mata=kamera
telinga=mikrofon
indera lain=sensor lain

AI tidak cuma pada robot yang menyerupai manusia, tetapi juga dapat berupa sistem yang menggunakan cctv sebagai “mata”nya, dan lain lain.

Terdapat berbagai macam jenis AI dan yang paling umum digunakan adalah Machine Learning. Sebagaimana manusia, AI pun melalui proses belajar. AI belajar dari data. Cara “belajar” yang paling sering digunakan machine learning adalah dengan “kunci jawaban” lalu dites dengan data yang berbeda seperti ujian.

Masalah yang paling umum adalah bias nya data AI, yang sebenernya bisa diatasi dengan mengumpulkan lebih banyak data. Namun itupun terhalang masalah biaya dan waktu (ngumpulin data+ bikin kunci jawaban) serta kemanan datanya.

Pesan untuk para pemain AI:
with great power comes great responsibility

Pesan untuk non-pemain yang tertarik AI:
Terus belajar dan kritis dalam mencerna informasi digital.


Security Issues Concerning AI
by Hargyo Tri Nugroho

AI memiliki kemampuan memproses input atau “belajar” yang mirip dengan kemampuan kognitif manusia (hanya hingga tingkat tertentu).

Tentu saja ada kelemahan pada AI, dan hal itu terbagi menjadi 2 kelompok: yang tidak disengaja (misal kesalahan adaptasi sistem) dan yang disengaja (diniatkan untuk merusak sistem lain).

Hasil output yang telah diolah AI bergantung pada Input yang diberikan. Jadi, jika memberi masukan yang buruk pada AI maka hasilnya pun akan buruk.

HUMAN-MACHINE TEAMWORK: TRUST CALIBRATION

Terlalu percaya (overtrust) pada mesin memungkinkan terjadinya penyalahgunaan (misuse), dan terlalu tidak percaya pada mesin memungkinkan terjadinya keterbengkalaian (disuse). Maka dari itu, diperlukan titik temu di tengah agar kerjasama antara manusia dan mesin dapat berjalan dengan baik.


AI dan Penerapan Hukum

by Bhredipta Socarana

Ada sebuah kasus dimana AI tidak bisa mengajukan paten umtuk penemuan yang dibuatnya sedangkan manusianya pun juga tidak bisa mengajukan paten karena yang penemuan tersebut bukan miliknya melainkan hasil temuannya AI. Jadi ada kebingungan juga dari sisi hukum terkait paten dan AI.

Di Indonesia sudah ada E-Traffic Law Enforcement, akan tetapi lebih mengarah kepada otomatisasi sistem bukan AI.

Secara teori, crossplatform AI untuk deteksi konten yang sama dapat dilakukan. Namun, dari sisi hukum sebetulnya hal tersebut membatasi otoritas pemilik platform ke platformnya sendiri. Akan ada resistensinya karena ToU/T&C platform rata-rata melarang penggunaan sistem otomatis untuk akses sistemnya.

Terkait failure yang terjadi pada sistem AI, dari sudut pandang hukum masih melihat bahwa manusia yang membuat sistem tersebut adalah yang bertanggung jawab.

Sebagai pengguna dan pencipta teknologi, kita manusia harus tetap waspada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *