ID Institute Sayangkan BSSN Buat Password Manager

Internet Development Institute (ID Institute) menyayangkan pembuatan aplikasi password manager SATRIA milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Baru-baru ini BSSN meluncurkan aplikasi password manager bernama SATRIA. Alfons Tanujaya, Dewan Pengawas ID Institute sekaligus CEO Vaksin.com, menyayangkan peluncuran aplikasi tersebut. “BSSN baiknya urusi sertifikat security, itu masih virgin dan banyak peluang, kok malah buat password manager?”

Lebih lanjut, Sigit Widodo, Dewan Pembina ID Institute, menjelaskan bahwa sudah ada banyak perusahaan swasta yang membuat password manager. Selain itu, banyak pekerjaan rumah BSSN yang belum dikerjakan dengan benar, seperti keamanan situs dan basis data pemerintah.

“Kita menyaksikan serangkaian peretasan situs internet dan basis data milik pemerintah dan lembaga negara yang terus berulang dan belum dihentikan, termasuk peretasan pada situs milik BSSN sendiri. Jadi, ketimbang gembar-gembor merilis aplikasi semacam ini, sebaiknya teman-teman BSSN lebih berkonsentrasi menjaga keamanan database dan website pemerintah,” lengkap Sigit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *